Langsung ke konten utama

Perangkat Keras dan Fungsinya untuk keperluan Akses Internet dan Intranet



Mengenal Pengertian dan Macam - Macam Perangkat Keras Serta Fungsinya Untuk Keperluan Akses Internet Dan Intranet


Dalam kehidupan sehari hari kita tidak lepas dari kebutuhan internet . Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia di era sekarang ini. Mendengar kata internet, mungkin kita akan berfikir internet digunakan untuk mengakses alat teknologi dan informasi? Ya, tepat sekali. 
Dalam alat teknologi terdapat  perangkat keras . Mungkin kita pernah bertanya-tanya, Apa yang dimaksud dengan perangkat keras? Apa saja macam-macam perangkat keras yang digunakan untuk keperluan akses internet dan Intranet? dan Apa saja fungsi dari macam - macam perangkat keras tersebut?.
Disini, kita akan membahas perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet dan intranet .

1. PENGERTIAN DAN FUNGSI PERANGKAT KERAS YANG DIGUNAKAN UNTUK AKSES INTERNET DAN INTRANET




Perangkat keras atau hardware adalah perangkat fisik atau bagian dari komputer, yang dapat disentuh atau dilihat kasat mata dan berupa perangkat elektronik.

Perangkat keras ini menentukan kinerja sebuah komputer, selain dari perangkat keras yang terpasang dalam sistem komputer, perangkat keras yang ada pada jaringan komputer digunakan untuk menghubungkan antar komputer berupa peer to peer ataupun sambungan langsung ke internet.  

Koneksi internet akan dapat diakses jika kita mempunyai perangkat – perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkannya dengan jaringan luas internet ketika perangkat perangkat tersebut sudah lengkap dan sudah sesuai fungsinya,maka internet akan mudah kita akses.

2. FUNGSI DAN MACAM - MACAM PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET DAN INTRANET


Adapun macam – macam perangkat keras untuk mengakses internet dan intranet diantaranya adalah sebagai berikut : 

1.) Komputer

Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya. 


Gambar 1.1. Komputer


2.) Modem

Modem adalah singkatan dari modulator – demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone. Modem berfungsi/ bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya. 
▪ Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, 
▪ Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. 

Macam-macam modem :

a.) Modem Eksternal
Modem ini terletak di luar CPU komputer yang dihubungkan melalui port com atau USB .



Gambar 1.2. Modem Eksternal
b.) Modem Internal
Merupakan perangkat jaringan yang terdapat pada papan ekspansi (expansion board) yang dihubungkan ke motherboard. Modem internal tidak mengandung lampu indikator untuk menginformasikan kepada pengguna fungsi atau status modem yang berubah.Modem internal juga dikenal sebagai “On-Board Modem”. 





Gambar 1.3. Modem Internal

c.) Modem Kabel

Perangkat keras yang digunakan untuk menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan unduh ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan unggah dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu internal.
Gambar 1.4. Modem Kabel

 3. Ethernet card
  
Ethernet card (LAN card) digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang koneksi , disebut juga dengan Network Interface Card (NIC). Ethernet card bekerja dengan menggunakan kecepatan transfer data dalam satuan bit per second (bps). Kecepatan transfer data tersebut dimulai dari 10 bps, 100 bps, dan 1000 bps. 



Gambar 1.5. Ethernet Card



4. Kabel Jaringan 

Kabel jaringan merupakan peralatan yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan komputer atau komputer dengan perangkat jaringan lainnya.   

Berikut adalah jenis - jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer:  

a.) Twisted Pair (STP dan UTP)

 ▪ Kabel STP
 Shielded Twisted Pair adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel,Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI.

Fungsi kabel STP sebagai media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. 
Gambar 1.6. Kabel STP & UTP
b.) Coaxial
Merupakan jenis kabel yang memiliki dua buah penghantar konduktor berupa kabel solid terbuat dari tembaga sebagai inti, kemudian dilapisi sekat isolator dan dililit kembali oleh penghantar berupa kabel serabut yang terbuat dari tembaga atau alumunium sebagai penghantar bagian luar.
Kabel coaxial atau kabel koaksial terbungkus oleh isolator elastis yang terbuat dari plastik tahan air.
Fungsi kabel coaxial adalah untuk mentransmisikan frekuensi tinggi mulai dari 300 kHz keatas, dan penggunaan kabel ini mempunyai kanal frekuensi yang sangat besar.  

Gambar 1.7. Coaxial
 C.  ) Fiber Optic  
Saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.  




Gambar 1.8. Fiber Optik


d ) Konektor

adalah alat yang menghubungkan kabel dengan network adapter. Apabila tidak ada konektor, kabel - kabel jaringan tidak dapat terhubung dengan network adapter atau NIC. 
  
Gambar 1.9. Konektor RJ 45
e.) Router 
Router difungsikan sebagai pengatur aliran data dan informasi pada satu jaringan dengan jaringan yang lain. Keunikan dari router adalah dapat memisahkan aliran data dari jaringan yang satu kepada jaringan yang lain sehingga tidak akan terjadinya percampuran aliran data pada jaringan yang berbeda. Router hanya bisa bekerja jika protokol jaringan yang dikonfigurasikan adalah protokol yang routables seperti TCP/IP atau IPX/SPX. 
Gambar 1.10. Router
f.) Ethernet hub 
Ethernet Hub adalah perangkat keras atau hardware yang dapat menghubungkan beberapa komputer sekaligus dan juga menyatukan beberapa kabel jaringan dari server, workstation, dan perangkat lainnya di dalam jaringan. Ethernet hub ini seringnya digunakan atau dipakai pada jaringan yang berbentuk topologi star. Di dalam topologi star, kabel jaringan dari workstation dihubungkan ke dalam Hub sehingga tercipta koneksi antar komputer yang ada ke dalam sebuah jaringan. 
  

    Gambar 1.11. Ethernet Hub 

g.) Repeater 
Sebuah stasiun yang menerima sinyal pada suatu frekuensi dan mermancar ulangkannya kembali (repeat) pada frekuensi yang lain secara otomatis pada saat yang sama (simultan).
Gambar 1.12. Repeater
h.) Bridge
Bridge merupakan perangkat untuk menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protokol sama atau sejenis. Bridge juga bertugas untuk mengirimkan paket-paket data sehingga bridge memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan hub atau switch yang disebabkan karena bridge mampu membagi - bagi traffic ke segmen - segmen dengan sistem filtering traffic. 
  
Gambar 1.13. Bridge
i.) Access Point 
Access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin diperinci lebih jelas lagi fungsi access point adalah sebagai berikut :

1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected
Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel.
Gambar 1.14. Access Point

j.) Wajan bolik
Sebuah antena nirkabel yang terbuat dari wajan dan paralon. Antenna Wajan, atau Wajanbolic e-goen merupakan terobosan dalam Teknologi RT/RW-net. diambil dari penciptanya Pak Gunadi antenna Wajanbolic ini dinamakan Wajanbolic e-goen, antena ini banyak digunakan dalam Infrastruktur Jaringan RT/RW-net.



Gambar 1.15. Wajan Bolic



Komentar